BEBRAS

Bebras


Published by Ramy Ardya R.

Source : bebras.org
Bebras adalah sebuah prakarsa internasional yang bertujuan untuk mempromosikan Informatika pemikiran komputasi di antara siswa sekolah di segala usia. Peserta biasanya diawasi oleh guru yang dapat mengintegrasikan tantangan Bebras dalam kegiatan mengajar mereka. Tantangannya dilakukan di sekolah menggunakan komputer atau perangkat seluler. 

Berpikir komputasional melibatkan penggunaan seperangkat keterampilan dan teknik pemecahan masalah yang digunakan insinyur perangkat lunak untuk menulis program dan aplikasi. Tantangan Bebras mempromosikan keterampilan pemecahan masalah dan konsep-konsep Informatika termasuk kemampuan untuk memecah tugas-tugas kompleks menjadi komponen yang lebih sederhana, desain algoritma, pengenalan pola, generalisasi pola dan abstraksi. Lebih lanjut tentang pemikiran komputasional. 

Minggu kedua bulan November dinyatakan sebagai minggu BEBRAS Sedunia untuk menyelesaikan tugas. Beberapa negara memperpanjangnya hingga dua minggu. Banyak negara menjalankan kegiatan Bebras sepanjang tahun seperti peserta memberikan acara, putaran kedua tantangan, kampus musim panas, lokakarya guru, mengumpulkan statistik dan menulis makalah penelitian.

Setiap orang bisa melakukannya. Tantangan Bebras terbuat dari serangkaian masalah pendek yang disebut tugas Bebras dan disampaikan online. Tugasnya menyenangkan, menarik, dan berdasarkan masalah yang sering ditemui ilmuwan komputer dan senang memecahkannya. Tugas-tugas dapat diselesaikan tanpa pengetahuan sebelumnya tetapi sebaliknya membutuhkan pemikiran logis. Tujuannya adalah menyelesaikan sebanyak yang Anda bisa dalam waktu yang ditentukan.

Ide Bebras lahir di Lithuania, oleh Prof. Valentina Dagiene dari University of Vilnius. Bebras adalah kata Lituania untuk "berang-berang". Pikiran itu bergegas ke dalam kepala selamaperjalanan keliling Finlandia pada tahun 2003 dan diskusi tentang bagaimana kita dapat menarik murid untuk belajar informatika. Kegiatan berang-berang padahelai sangat terlihat, yang menunjukkan simbol tantangan ... Berang-berang terlihat seperti stiker yang terus-menerus yang berusaha untuk kesempurnaan dalam bidang kegiatan mereka dan berang-berang untuk mencapai target. Pekerjaan sehari-hari mereka tampaknya merupakan percobaan: orang yang menarik lebih banyak pohon akan membendung lebih banyak aliran air. Oleh karena itu, pesaing kita dinamai seperti berang-berang yang bekerja keras, cerdas, dan hidup.  

Salah satu tujuan Valentina Dagiene adalah mendirikan Bebras sebagai inisiatif internasional untuk Informatika di sekolah-sekolah. Sejak awal mulanya, beberapa negara Eropa telah bergabung dengan Bebras: Estonia, Jerman, Belanda, dan Polandia adalah yang pertama kali bergabung pada tahun 2006. Pada tahun 2007, Austria, Latvia, dan Slovakia menyelenggarakan tantangan Bebras pertama mereka, sementara Republik Ceko dan Ukraina memulai tantangan pada tahun 2008. Pada tahun 2009, Italia bergabung dengan Bebras, dan 2010 melihat tantangan Bebras pertama di Finlandia dan Swiss. Pada tahun 2011, Perancis, Hongaria, dan Slovenia melompat masuk, dan Jepang melihat tantangan Bebras non-Eropa pertama; juga tantangan uji coba dijalankan di Belgia, Kanada, Siprus, Israel, dan Spanyol. Pada tahun 2012 lebih banyak negara bergabung dengan komunitas Bebras: Bulgaria, Swedia, dan Taiwan.

Comments

Post a Comment

Popular Posts