Pendapat Hilangnya TIK


Pendapat Hilangnya Mata Pelajaran TIK

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) telah ada sejak 2004. TIK dimasukkan ke dalam salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2006. Tetapi, pada saat ini sedang beredar isu bahwa TIK akan dihapus.

Menurut saya penghapusan mata pelajaran TIK bukanlah hal yang bagus. Menurut saya TIK memiliki banyak manfaat bagi kita, contohnya :
-          Dapat memberikan bekal untuk mengambil manfaat sebesar-besarnya.
-          Kita dapat memilah-milah informasi yang baik dan buruk.

Selain memiliki manfaat yang banyak, penghapusan mata pelajaran TIK akan menimbulkan beberapa masalah karena dengan adanya menghapusan mata pelajaran TIK untuk sekolah menengah pertama dan sekolah menengah keatas telah membuat guru-guru maupun calon guru mulai berfikir bagaimana nasib mereka nanti kedepannya. Kita semua tau bahwa dengan semakin modernnya dan pesatnya perkembangan teknologi, TIK menjadi mata pelajaran yang sangat penting agar peserta didik setidaknya bisa terus mengikuti perkembangan jaman yang sudah semakin hari semakin modern ini. Kritik, tolakkan, maupun saran pun muncul dari semua elemen masyarakat. Mulai dari guru, aktifis, masyarakat umum, pengamat, maupun masyarakat yang setiap harinya terjun langsung di bidang IT dan TIK.

Menurut saya, jika TIK dihapus pengetahuan siswa terhadap ilmu komunikasi akan hilang. Sehingga TIK sangat penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan siswa. Joko berharap, mapel TIK dapat diterapkan dan tidak dihapus dalam kurikulum. Kalau pun TIK dihapus kita dapat memberikan TIK pada ekskul.

Yang perlu anda tau adalah bahwa TIK sebenarnya memang benar-benar di butuhkan sebagai mata pelajaran, bukan sebagai sarana pembantu untuk pelajaran lain. Mengapa saya bilang begitu? Karena TIK yang sebenarnya itu bukan hanya memberi pelajaran kepada peserta didik tentang bagaimana mengoperasikan ms. Word, ms. Office, ms powerpoint dan lain-lain yang berhubungan dengan dasar-dasar dalam pelajaran TIK. TIK yang sebenarnya itu adalah mengenalkan kita dengan suatu sarana yang mempunyai cakupaun luas untuk mengembangkan kreatifitas, imajinasi, rasa ingin tau, dan lain-lain masih banyak lagi.

Apabila pelajaran TIK benar-benar di pelajari untuk membuat masyarakat kita lebih maju lagi dari sekarang, mengapa tidak? Mengapa TIK malah dihapuskan dan hanya menjadi sarana tambahan untuk pelajaran lain saja? Dengan adanya TIK, semua orang akan malah lebih mudah untuk berkomunikasi, perhatian kepada sesama, sampai-sampai memberikan inspirasi yang sebenarnya dari inspirasi tersebut bisa digunakan olah banyak orang yang mmebutuhkan. Contohnya saja, robot bisa mempermudah pekerjaan manusia. kemudian dengan adanya komputer, semua pekerjaan yang memakan waktu semakin bisa cepat kita selesaikan. Jadi apabila ingin melihat anak-anak bangsa kita menjadi kebagaan bangsa, mulailah menumbuhkan minat kemajuan dari belajar TIK.

Inilah pendapat saya tentang hilangnya mata pelajaran TIK, jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan. Jika ada saran atau kritk maka silahkan tuliskan di bagian komen. Terima Kasih!

Sumber :
http://abulhasansyazily.blogspot.co.id
http://all-free-download.com

Ramy Ardya Ramadhan (31) 7B




Comments

Post a Comment

Popular Posts