Selamat Hari Pahlawan

Selamat Hari Pahlawan

Setiap sekali dalam satu tahun pada 10 November kita selalu memperingati hari pahlawan dengan cara penghormatan mengibarkan bendera satu tiang putih penuh. Dalam kegiatan rutin upacara seremonial dilakukan di sekolah – sekolah, kantor, dan lembaga lembaga yamg ada di bawah naungan pemerintah menjadi suatu refleks mengenang jasa – jasa para pahlawan Indonesia yang dengan rela dan ikhlas mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk membela Negara Indonesia samapai titik darah penghabisan. Semua yang telah dilakukan para pahlawan – pahlawan adalah untuk menggapai kemerdekaan Indonesia, untuk mengusir para penjajah demi menghilangkan Indonesia dari Imperialisme para kolonial.

Sejarah ditetapkannya tanggal 10 November sebagai hari pahlawan adalah di saat terjadinya peristiwa pertempuran Surabaya yang merupakan salah satu sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dengan kolonial pasukan Belanda. Peristiwa ini merupakan salah satu peristiwa perang terbesar setelah peristiwa proklamasi proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan juga dalam sejarah revolusi Indonesia. Pada peristiwa itu banyak sekali tentara – tentara Indonesia dan para pejuang – pejuang sukarela yang gugur dalam pertempuran ini.

Latar belakang terjadinya perang ini adalah peristiwa Hotel Yamato di Surabaya. Belanda melakukan pengibaran bendera Merah Putih Biru alias bendera Belanda. Hal ini yang membuat kemarahan rakyat – rakyat Surabaya, karena Belanda telah menghina kedaulatan bangsa Indonesia. Sehingga para pemuda menaiki Hotel Yamtodan para pemuda – pemuda pun langsung merobek bendera Belanda yang warna birunya saja. Sehingga yang tersisa hanyalah warna merah dan putih saja yaitu bendera Indonesia. Hal ini kemudian menyebabkan meletusnya perang Surabaya ini.

Hal ini yang seharusnya menjadi pekerjaan baru bagi kita untuk mempertanggung jawabkan hal yang sudah di perjuangkan oleh para pahlawan – pahlawan kita. Bukan hanya merayakan Hari Pahlawan dengan seremonial, tetapi juga ini seharusnnya menjadi renungan bagi kita dalam menghadapi pasca kemerdekaan. Masih banyak tantang yang harus kita hadapi.

Untuk menjaga Indonesia kita harus menjaga agar kita tetap hidup harmonis.  Oleh karena itu, agar terjadinnya kehidupan yang harmonis perlu dikembangkan sikap tengang rasa dalam diri setiap orang perlu ditumbuhkan solidaritas kebangsaan. Suku-suku dan komunitas-komunitas yang hidup dari Sabang sampai Merauke, dengan berbagai latar belakang agama, kepercayaan dan kebudayaan masing-masing, harus kita pandang sebagai saudara-saudara sebangsa dan setanah air.  Kita harus mengembangkan kebiasaan untuk saling menghormati dan saling memperlakukan sebagai saudara, sebagai pihak-pihak yang berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. 

Kedua, kita perlu membiasakan diri untuk menjalankan civic obligation (kewajiban warga) sebaik-baiknya dengan berpartisipasi dan ikut mengawasi bagaimana pelaksanaan politik dan penyelenggaraan urusan publik dijalankan di tingkat negara sampai lingkungan tempat tinggal. Tanpa alasan yang dapat dibenarkan oleh nurani, kita wajib memberikan suara dalam berbagai pemilu di negara Republik Indonesia yang semakin demokratis ini, membiasakan diri untuk memilih berdasarkan alasan bahwa figur yang kita pilih akan berbuat maksimal bagi kepentingan umum, bukan berdasar politik uang.

Ketiga,   membiasakan diri untuk menaati aturan hukum, yang dibuat, dijalankan dan diawasi oleh figur-figur yang dipilih dengan kriteria komitmen pada kepentingan umum itu serta  meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk. Bagi para pejabat negara dan para politisi sudah selayaknya untuk mempunyai tanggung jawab besar dalam mewujudkan jiwa kepahlawanan pada saat ini dengan  memperlihatkan perilaku yang dapat diteladani, bukan malah ramai-ramai bertindak korup, saling menyalahkan atau mengelak dari tanggung jawab.

Sebagai bangsa besar menghargai serta meneladani sikap para pahlawan merupakan suatu hal yang seharusnya kita lakukan salah satunya ialah dengan melakukan banyak karya untuk kepentingan bangsa dan Negara. Berkarya untuk kemajuan sebuah bangsa merupakan salah satu sikap yang perlu untuk di kembangkan saat ini demi kemajuan sebuah Negara. Dengan banyak berkarya, berkreativitas serta berinovasi yang tinggi serta melakukan berbagai hal yang bermamfaat untuk kepentingan orang banyak maka kita akan mampu menjadi bangsa yang cerdas, berdaya saing tinggi dalam menghadapai arus perkembangan globalisasi saat ini dengan berbudaya pancasila. 

               http://indowarta.com


Ramy Ardya Ramadhan 7B (31)














Comments

Post a Comment

Popular Posts