Perjalanan Liburanku Menuju Garut

Perjalanan Liburanku ke Garut

Pagi hari tanggal 23 Desember 2017 rombongan keluarga besar dari ayah saya berkumpul di rumah kakek saya. Sebelum berangkat kami menentukan rute perjalanan dan berdoa terlebih dahulu. Kami berdoa agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kami berangkat pukul 10.30 dengan menggunakan mobil kami masing-masing. Di tengah perjalanan keluarga saya berhenti sebentar untuk membeli makanan ringan, lalu melanjutkan perjalanan menuju Garut.

Kami menggunakan jalur TOL Jakarta-Bandung. Pada awalnya jalur TOL cukup lancar. Ketika kami tiba di sekitar daerah Cikampek, terjadi kemacetan yang luar biasa. Untungnya pada saat itu dibuka jalur "contra flow" sehingga kami dapat menggunakan jalur tersebut.  Meskipun cukup menakutkan karena pembatas jalan "contra flow" hanya berupa tali, namun cukup memperlancar perjalanan.

Perjalanan menuju Jakarta-Bandung ditempuh dalam waktu 6 jam. Karena ayah saya sudah merasa lelah, kami memutuskan untuk beristirahat di Bandung. Kami menginap di sebuah Hotel di bandung.

Pagi hari pun tiba dan kami langsung turun ke lantai bawah untuk menyantap sarapan pagi. Setelah sarapan kami pergi ke sebuah super market untuk membeli beberapa keperluan kami seperti tissue, sabun, shampoo, air minum dan lain-lain.  Setelah kami selesai berbelanja, kami langsung melanjutkan perjalanan kami menuju Garut.
Perjalanan kali ini tidaklah menyenangkan karena kami terkena macet akibat buka-tutup jalanan.  Selain itu, cuaca terasa sangat panas dan jalanan yang dilalui berkelok-kelok. Disepanjang perjalanan saya mencoba untuk tidur, namun saya sering terbangun karena suara truk yang sangat bising.

Di daerah Garut, tidak terdapat kemacetan, sehingga perjalanan kami terasa lancar dan dengan cepat kami tiba di resort yang telah kami pesan sebelumnya. Sesampainya di sana, kami langsung disambut oleh keluarga besar ayah saya. Namun, karena kami terlalu lelah kami tidak langsung berkumpul dengan keluarga  melainkan kami langsung menuju unit kami untuk beristirahat dan tidur sejenak.

Setelah beristirahat cukup lama, kami pun berkumpul bersama keluarga untuk makan siang bersama. Makanannya cukup banyak dan enak menurut saya. Saya makan dengan lahap hingga perut saya merasa kenyang.

Setelah makan, saya langsung berkumpul bersama anak-anak yang sebaya dengan saya. Saya dan saudara-saudara saya bermain game bersama. Kami bermain hampir sekitar 2 jam.

Ketika waktu asr tiba, kami berhenti bermain untuk melaksanakan ibadah sholat asr terlebih dahulu. Kami memutuskan untuk tidak bermain lagi setelah sholat, melainkan kami berenang di kolam yang terdapat di resort tersebut.

Setelah berenang, saya dan kakek saya mengelilingi resort tersebut untuk melihat pemandangan sekaligus untuk menunggu waktu maghrib tiba. Kami melihat hamparan sawah yang cukup luas di belakang resort dan kami juga melihat ada banyak kebun kelapa di sana.

Waktu maghrib pun tiba dan saya langsung melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Setelah itu saya langsung makan malam bersama keluarga saya. Karena saya sangat lapar setelah berenang, saya makan cukup banyak dan lahap.  Menu makan malam berbeda dengan makan siang, tetapi rasanya tetap enak.

Ketika para orang tua mengadakan pertemuan keluarga, saya bersama saudara-saudara saya kembali bermain game. Kami bermain game cukup lama, kali ini kami bermain sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Setelah kami bosan bermain kami pun menonton TV. Namun, acara TV pada saat itu tidak ada yang menarik dan kami pun memutuskan untuk langsung tidur. Kami tidur di lantai dua tepat di ruangan TV.  Kamar hanya digunakan oleh para ibu dan para adik-adik kecil kami.
Keesokan harinya, setelah acara sarapan bersama, keluarga saya langsung berpamitan karena ayah saya memiliki acara lain di Jakarta. Padahal saya masih ingin menikmati liburan bersama di Garut.  Meskipun sangat singkat, saya merasa senang berlibur bersama di sana.

Oleh : Ramy Ardya Ramadhan 7b (31)