Liburan Akhir Tahun

Libur Akhir Tahun
Oleh : Ramy Ardya Ramadhan

Libur adalah waktu bebas. Liburan adalah suatu masa di mana orang-orang meluangkan waktu yang bebas dari pekerjaan atau dunia persekolahan. Liburan akhir tahun adalah libur yang dilaksanakan pada akhir tahun.

Libur akhir tahun 2018 bertepatan dengan libur akhir semester 2 bagi orang – orang yang berada di dunia persekolahan. Libur akhir tahun ini dimulai dari tanggal 19 Desember 2018 sampai dengan tanggal 6 Januari 2019. Total liburan ini adalah 19 hari atau sekitar hampir 3 minggu.

Liburan saya kali ini dihabiskan untuk pergi ibadah umrah/haji kecil. Saya pergi umrah bersama keluarga saya. Saya pergi umrah kurang lebih selama 12 hari atau sekita 2 minggu.

Saya berangkat pada tanggal 20 Desember 2018 yang bertepatan dengan hari kamis. Saya langsung berangkat menuju bandara pukul 07.30 WIB. Perjalanan saya menuju bandara memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.

Sesampainya di bandara, saya langsung mengurusi urusan bandara contohnya bagasi. Setelah urusan itu terselesaikan, saya hanya duduk menunggu pesawat. Penerbangan saya itu pukul 12.30 WIB, jadi saya harus menunggu sekitar 1 jam.

Di pesawat, saya hanya makan, mendengarkan musik, dan tidur. Perjalanan saya di pesawat sekitar 10 jam. Saya tiba di Jeddah, Saudi Arabia pukul 20.00 waktu Jeddah atau sama dengan pukul 00.00 WIB.

Dari sana saya langsung melaksanakan proses imigrasi. Setelah itu, saya langsung mengambil barang – barang bagasi saya. Lalu, saya duduk menunggu bis.

Saat bis datang, saya langsung masuk. Bis itu membawa saya menuju Madinah. Perjalan saya menuju Madinah dari Jeddah memakan waktu sekitar 6 jam dan saya sampai di sana pukul 03.00 waktu sana.
Setibanya di Madinah, saya langsung menuju hotel dan menuju kamar saya. Saya langsung tidur dan beristirahat. Namun, saya harus bangun untuk melaksanakan Shalat Subuh di Masjid Nabawi.

Pagi harinya, saya langung menyantap sarapan saya. Setelah sarapan saya hanya berisitirahat di kamar karena lelah dari perjalanan saya. Pada hari itu saya hanya pergi untuk melaksanakan Shalat Fardhu di Masjid Nabawi.

Esoknya, saya mengunjungi Museum AL – Quran yang berada di dekat Masjid Nabawi. Di sana terdapat Al – Quran yang besar – besar. Selain itu, terdapat penjelasan – penjelasan tentang Al – Quran.

5 hari pun berjalan dengan cepat. Waktu di Madinah pun telah habis. Pada saat itu saya langsung menuju Mekah untuk melaksanakan Umrah.

Perjalanan saya ke mekah memakan waktu sekitar 5 jam. Saya tiba di Mekah pada malam hari tepatnya pukul 20.00. Hari itu dihabiskan untuk beristirahat.

Esok harinya dihabiskan untuk menjalankan ibadah pokok dari perjalanan ini. Ya, hari ini digunakan untuk melaksanakan ibadah umrah. Saya menjalankan umrah dari jam 1 sampai dengan jam 3, kurang lebih 2 jam.

Pertama – tama, saya melaksanakan tawaf yaitu mengitari ka’bah. Lalu, melakukan Sa’I, bolak – balik sebanyak 7 kali Safa – Marwa. Setelah itu mencukur rambut sebanyak 3 helai.

Sisa harinya, saya menghabiskan waktu pergi ke mall. Saya mencobai kuliner arab. Selain itu, saya menemani ibu saya untuk berbelanja oleh – oleh yang akan dibawa pulang ke Jakarta.

6 hari pun terasa begitu cepat. Saya pulang menuju Jakarta pada tanggal 31 Desember 2018 . Saya sampai di Jakarta pukul 13.00 Wib.
Nah, itulah cerita liburan saya!