Kartul (Bab 1)


BAB  I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
 Di era digitalisasi, sistem informasi telah banyak digunakan oleh berbagai lembaga atau institusi termasuk lembaga pendidikan dan sekolah. Sistem informasi di lingkungan sekolah biasanya dibangun untuk memberikan layanan atau fasilitas informasi akademik ataupun nonakademik bagi setiap siswa, guru, dan pihak terkait lainnya secara lengkap, cepat, dan akurat.
Mengikuti era digitalisasi tersebut, SMP Labschool Jakarta telah mengimplementasikan sebuah sistem informasi yang bernama sistem e- learning. Sistem e-learning digunakan oleh para siswa biasanya untuk mengerjakan tugas ataupun ulangan dan memperoleh informasi nilai atas tugas ataupun ulangan yang diberikan di e-learning secara online. Dari sisi guru, e- learning dimanfaatkan untuk memberikan tugas atau ulangan secara online kepada siswa tanpa dibatasi waktu belajar efektif di sekolah.
Namun demikian, informasi lainnya seperti silabus mata pelajaran, informasi nilai pada setiap mata pelajaran, materi mata pelajaran, ataupun layanan diskusi online baik sesama siswa maupun dengan guru belum dapat dipenuhi melalui sistem e-learning ini. Masih terdapat informasi yang disampaikan secara manual ataupun menggunakan media lainnya seperti email. Selain itu, belum ada integrasi  secara otomasi antara sistem e - learning dengan sistem lainnya seperti e - rapor.
Untuk itu, penulisan ini dilakukan untuk menganalisa kebutuhan sistem informasi sebagai perbaikan atas sistem e - learning saat ini. Perbaikan sistem e -learning yang menyajikan sistem informasi terintegrasi bagi siswa dapat mendukung efisiensi proses penyampaian data dan informasi sehinggga dapat memperlancar proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Selain itu, perbaikan integrasi sistem e - learning dengan sistem lainnya akan mendukung integritas dan keandalan data belajar mengajar di lingkungan SMP Labschool Jakarta.

B.  Perumusan Masalah
1.      Apakah itu konsep dasar sistem informasi?
2.      Apakah itu konsep dasar e-learning?
3.      Apakah yang dimaksud kualitas sistem informasi?
4.      Apakah e-learning SMP Labschool Jakarta telah memenuhi komponen yang dibutuhkan sebuah sistem e-learning?
5.      Apakah sistem e - learning telah terintegrasi dengan sistem lainnya?

C.   Pembatasan Masalah
 Penulis akan membahas tentang kualitas sistem e - learning sebagai sistem informasi, kebutuhan pengembangan sistem e - learning, dan integrasi sistem e - learning dengan sistem lainnya.

D.   Tujuan Penelitian
 Berdasarkan masalah di atas, tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk memenuhi salah satu profil lulusan SMP Labschool Jakarta, secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk :
1.      Mengetahui konsep dasar sistem infromasi
2.      Mengethaui konsep dasar e-learning
3.      Mengetahui kualitas sistem informasi
4.      Mengetahui komponen e-learning
5.      Mengetahui integrasi sistem informasi

E.  Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan yang digunakan penulis adalah dengan melakukan  observasi sistem e - learning di SMP Labschool. Kegiatan observarsi meliputi pengamatan terhadap modul - modul e-learning yang digunakan oleh siswa maupun oleh guru. Penulis juga melakukan studi pustaka menggunakan sumber tertulis berupa buku atau artikel resmi berupa jurnal. Selain itu, penulis juga melakukan wawancara dengan guru dan murid.

Oleh : Ramy Ardya Ramadhan

Comments

Popular Posts