CODING


Ramy Ardya Ramadhan 01/12/2019

Coding    

Coding merupakan tentang menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer.Secara istilah, coding berasal dari bahasa inggris ‘Code’ + ‘-ing’ yang masing-masing memiliki arti kode dan sedang. Jika digabungkan, coding berarti sedang kode atau mengkode. Secara etimologis, code berasal dari bahasa Latin codex yang artinya koleksi sistematis. Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa coding adalah kode dalam bahasa pemrograman komputur yang disusun secara sistematis.

Coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding. Seorang yang melakukan coding jufga biasa disebut dengan programmer. Pada saat ini, banyak sekali orang yang berminat untuk menjadi seorang programmer/coder. Programmer-programmer ini sangat dibutuhkan terutama di Era Revolusi 4.0. Hal ini dikarenakan banyak industri yang berbasis teknologi. Jika anda ingin menjadi seorang programmer professional, anda harus memiliki kemampuan cukup baik.

Salah satu programmer yang akan kita bahas adalah Muhammad Salis. Dia adalah seorang sarjana di Ilmu Komputer.  Dia adalah salah seorang programmer di Gojek yang telah bekerja selama kurang lebih dua tahun. Muhammad Salis bekerja sebagai Backend Engineer; Backend Enginer adalah pengembang tulang belakang dari sebuah website.

Dalam sebuah video di YouTube yang di upload di channel Life at Gojek, Muhammad Salis mengatakkan bahwa coding itu simpel banget. Dia mengatakan bahwa coding itu ada di mana-mana. Ia juga menjelaskan bahwa coding itu lebih mudah daripada tampaknya.

Penulis juga sudah sedikit mempelajari coding. Penulis mempelajari coding dari sebuah site yang bernama Code Academy. Dari pengalaman penulis coding itu memang mudah, namun membutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam memahaminya. Pada awalnya, memang terlihat rumit. Akan tetapi, lama-kelamaan diri kita akan terbiasa untuk meliha baris kode yang tampil saat coding.

Dari penjelasan-penjelasan di atas, dapat disimpulkan beberapa hal. Coding adalah kode dalam bahasa pemrograman komputer yang disusun secara sistematis. Seorang yang melakukan coding disebut seorang coder. Muhammad Salis merupakan salah satu coder yang bekerja di Gojek. Coding itu simpel banget. Kita bisa belajar coding mulai dari sekarang.

Comments

Post a Comment

Popular Posts