Kartul (Bab 1)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Di era digitalisasi, sistem informasi telah
banyak digunakan oleh berbagai lembaga atau institusi termasuk lembaga pendidikan
dan sekolah. Sistem informasi di lingkungan sekolah biasanya dibangun untuk
memberikan layanan atau fasilitas informasi akademik ataupun nonakademik bagi
setiap siswa, guru, dan pihak terkait lainnya secara lengkap, cepat, dan
akurat.
Mengikuti
era digitalisasi tersebut, SMP Labschool Jakarta telah mengimplementasikan
sebuah sistem informasi yang bernama sistem e-
learning. Sistem e-learning
digunakan oleh para siswa biasanya untuk mengerjakan tugas ataupun ulangan dan
memperoleh informasi nilai atas tugas ataupun ulangan yang diberikan di e-learning secara online. Dari sisi guru, e-
learning dimanfaatkan untuk memberikan tugas atau ulangan secara online kepada siswa tanpa dibatasi waktu
belajar efektif di sekolah.
Namun
demikian, informasi lainnya seperti silabus mata pelajaran, informasi nilai pada
setiap mata pelajaran, materi mata pelajaran, ataupun layanan diskusi online
baik sesama siswa maupun dengan guru belum dapat dipenuhi melalui sistem e-learning ini. Masih terdapat informasi
yang disampaikan secara manual ataupun menggunakan media lainnya seperti email. Selain itu, belum ada
integrasi secara otomasi antara sistem e - learning dengan sistem lainnya
seperti e - rapor.
Untuk
itu, penulisan ini dilakukan untuk menganalisa kebutuhan sistem informasi
sebagai perbaikan atas sistem e -
learning saat ini. Perbaikan sistem e
-learning yang menyajikan sistem informasi terintegrasi bagi siswa dapat
mendukung efisiensi proses penyampaian data dan informasi sehinggga dapat
memperlancar proses belajar mengajar di lingkungan sekolah. Selain itu,
perbaikan integrasi sistem e - learning
dengan sistem lainnya akan mendukung integritas dan keandalan data belajar
mengajar di lingkungan SMP Labschool Jakarta.
B. Perumusan
Masalah
1.
Apakah
itu konsep dasar sistem informasi?
2.
Apakah
itu konsep dasar e-learning?
3.
Apakah
yang dimaksud kualitas sistem informasi?
4.
Apakah
e-learning SMP Labschool Jakarta telah memenuhi komponen yang dibutuhkan sebuah
sistem e-learning?
5.
Apakah
sistem e - learning telah
terintegrasi dengan sistem lainnya?
C.
Pembatasan Masalah
Penulis akan membahas tentang kualitas sistem e - learning sebagai sistem informasi,
kebutuhan pengembangan sistem e -
learning, dan integrasi sistem e -
learning dengan sistem lainnya.
D.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah di atas, tujuan penelitian ini
secara umum adalah untuk memenuhi salah satu profil lulusan SMP Labschool
Jakarta, secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk :
1.
Mengetahui
konsep dasar sistem infromasi
2.
Mengethaui
konsep dasar e-learning
3.
Mengetahui
kualitas sistem informasi
4.
Mengetahui
komponen e-learning
5.
Mengetahui
integrasi sistem informasi
E.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
pengumpulan yang digunakan penulis adalah dengan melakukan observasi sistem e - learning di SMP Labschool. Kegiatan observarsi meliputi pengamatan
terhadap modul - modul e-learning
yang digunakan oleh siswa maupun oleh guru. Penulis juga melakukan studi
pustaka menggunakan sumber tertulis berupa buku atau artikel resmi berupa
jurnal. Selain itu, penulis juga melakukan wawancara dengan guru dan murid.
Oleh : Ramy Ardya Ramadhan
Comments
Post a Comment